Monday 29 April 2013

Acara Serah Terima Jenasah Mantan Bupati Gianyar dari Pemkab Gianyar Ke Puri Pejeng



Kepulangan jenasah mantan Bupati Gianyar periode 1969-1983 AA Gde Putera SH dari rumah sakit Sanglah Denpasar  ke Puri Pejeng diserahkan Pemkab Gianyar kepada pihak keluarga besar Puri Pejeng, Gianyar, Senin (29/4).

Setibanya jenasah di rumah duka disambut haru dan isak tangis keluarga dan masyarakat. Wakil Bupati Gianyar Made Mahayastra didampingi Sekda IB Gaga Saputra dan segenap Muspida Kabupaten Gianyar mengantarkan jenasah sampai di Puri Pejeng. Pemkab Gianyar berencana menggelar Upacara Militer pada puncak Pelebon 3 Mei 2013 sebagai penghormatan terakhir kepada mantan Pemimpin Gianyar terlama periode 1969-1983.


Lebih lanjut Wakil Bupati Gianyar, Made Mahayastra menjelaskan rencananya Pemerintah Kabupaten Gianyar bersama Kodim 1616 akan menggelar upacara militer sebagai penghargaan terhadap jasa-jasa Anak Agung Gde Putera. Sebagai mantan Bupati Gianyar dan juga pernah menjabat sebagai Bupati Bangli dan beberapa jabatan lainnya. Segenap Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Gianyar mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya, semoga pihak keluarga yang ditinggalkan tabah. “Pada intinya Pemerintah Kabupaten Gianyar  ingin memberikan yang terbaik bagi putra terbaik serta penghormatan terakhir sebagai bentuk penghargaannya kepada mantan Bupati,” ucap Mahayastra.

Ketua Panitia Pelebon, Anak Agung Gde Saputera membenarkan bahwa Pihak Pemerintah Kabupaten Gianyar bersama Kodim 1616 Gianyar akan menggelar upacara Militer pada puncak Pelebon 3 Mei 2013 dan sebelumnya akan dilaksanakan gladi di Puri Pejeng dan Setra 1 Mei 2013 mendatang. Pihak Keluarga sangat berterimakasih atas penghargaan yang diberikan kepada almarhum. “Pihak Pemerintah Kabupaten Gianyar dan Kodim 1616 memang telah datang kerumah untuk mengurus upacara militer, Kami dari pihak keluarga sangat berterimakasih atas penghormatan kepada almarhum yang diwujudkan dalam upacara militer." Ungkap AA Gde Saputra.

Serangkaian Upacara Pelobon Anak Agung Gde Putera, SH,  baru bisa dilaksanakan Kamis, 2 Mei 3013 dengan upacara Nyiramin.  Sebelumnya jenasah sejak 21 maret 2013 disemayamkan di Rumah Sakit Sangalah karena terkendala beberapa upacara di beberapa pura besar di Bali, seperti Odalan Bathara Turun Kabeh di Besakih, Galungan dan Kuningan, Odalan di Pura Penataran Sasih Pejeng, dan Pura Pusering Jagat Pejeng, maka jenasah belum bisa dipulangkan.

Puncak Pelebon 3 Mei mendatang dirangkai dengan Upacara Militer dan pembakaran jenasah. Selanjutnya akan dilaksanakan Upacara Ngeroras pada Rabu, (16/5) mendatang dan serangkaian upacara lainnya.

No comments:

Post a Comment